Home Bisnis Online Kerja Online: Jenis-Jenis Pekerjaan Tanpa Ngantor

Kerja Online: Jenis-Jenis Pekerjaan Tanpa Ngantor

142
bekerja di rumah
Young Asian Woman Working at home (123rf)

“Ngantor” adalah aktivitas bekerja yang dilakukan di kantor perusahaan atau instansi. Bekerja di kantoran biasanya dilakukan pada jam kerja, mulai pukul 09.00 s.d. 17.00 yang dikenal dengan istilan “nine to five” (9 to 5).

Era internet mulai menggerus pola kerja konvensional itu. Berkat “Internet of Things” plus teknologi komunikasi seperti WhatsApp (WA), pekerja bisa melakukan tugasnya di rumah alias “working at home” (WAH).

Salah satu perusahaan yang menerapkan WAH adalah Adira Insurance.  Melalui WAH, Adira Insurance memperbolehkan sejumlah karyawan bekerja dari rumah atau tidak melulu dari kantor. Adira Insurance meyakini WAH memberi efek positif terhadap produktivitas karyawannya.

Studi dari Cardiff University menemukan bahwa mereka yang bekerja dari rumah cenderung lebih bahagia dengan pekerjaan dan bekerja lebih rajin dibandingkan dengan mereka yang bekerja di kantor.

Bahkan, mereka juga cenderung bekerja melebihi jam kerja. Bekerja di rumah memang tengah menjadi tren saat ini. Beberapa orang membuat kantor di rumah, beberapa lainnya membagi ruang lain menjadi kantor seperti menjadikan meja makan sebagai meja kantor. (Medcom).

Kerja Online: Jenis-Jenis Pekerjaan Tanpa “Ngantor”

Tak hanya selalu bekerja di kantoran, saat ini kita bisa saja bekerja dengan mudah secara online, di mana saja dan kapan saja.

Kita bisa bekerja dengan leluasa sesuai dengan minat dan kemampuan yang kita punya. Kerja online menjadi pilihan banyak anak muda zaman sekarang.

Berikut beberapa jenis pekerjaan yang tak perlu ngantor atau bisa dikerjakan di rumah atau di mana saja dan kapan saja, seperti dikutip dari Kompas.

1. Content Creator

Pembuat konten atau pengisi website dan status update media sosial. Berbagai situs web lembaga atau instansi membutuhkan banyak tenaga ahli untuk mengisi websitenya.

Content creator bertugas untuk membuat konten atau postingan berkualitas dan menarik, baik dalam bentuk tulisan, gambar, audio, video, atau gabungan semuanya (multimedia).

2. Content Writer

Mirip conten creator, namun penulis konten lebih fokus ke tulisan atau sebagai penulis –sebagaimana namanya, writer, yaitu penulis.

3. Web Designer

Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam desain, maka menjadi seorang web designer (desainer website) tentu akan menjadi pilihan yang tepat.

Tugas web designer antara lain merancang layout (tata letak) website dan memastikannya ramah mesin telusur (seo friendly), ramah seluler (mobile-friendly), dan ramah pengguna (user friendly).

4. Affiliate Marketing

Pemasaran afiliasi disediakan banyak pelaku bisnis online, termasuk provider domain – hosting. Cara kerjanya, kita memasarkan atau mempromosikan produk/jasa di blog atau media sosial.

Itu dia gambaran kerja online atau Jenis-Jenis Pekerjaan Tanpa Ngantor.

Sebagai tambahan, termasuk kerja online tentu saja adalah blogging. Kita membuat blog, lalu melakukan monetisasi agar menghasilkan uang, antara lain dengan menjadi publisher Google AdSense dan Affiliate Marketing.

Bagaimana, tertarik kerja online di rumah? (Bloger Bandung).*

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here