Home Persib Bandung Pengertian Bobotoh Persib Bandung

Pengertian Bobotoh Persib Bandung

27

Bobotoh Persib Bandung identik dengan Viking. Padahal, bobotoh itu suporter. Viking adalah kelompok suporter. Viking adalah bobotoh dan tidak semua bobotoh itu Viking. Berikut ini pengertian bobotoh yang sebenarnya.

bobotoh persib

BOBOTOH adalah sebutan untuk suporter Persib Bandung. Bobotoh mengelompokkan diri dalam kelompok suporter Viking Persib Club, Bomber, dan lain-lain.

Kebanyakan bobotoh tidak menjadi anggota kelompok suporter tertentu, termasuk bobotoh yang biasa nonton Persib di televisi –dikenal dengan sebutan “Bonjovi” (bobotoh anu lalajo dina tivi/bobotoh yang nonton di televisi).

Pengertian Bobotoh

Dalam kamus bahasa Indonesia, bobotoh diartikan sebagai “sebutan untuk pendukung sepak bola”. Jadi, secara bahasa, semua pendukung atau suporter sepak bola adalah bobotoh.

Namun, istilah bobotoh identik dengan suporter Persib Bandung. Apalagi istilah bobotoh ini berasal dari bahasa Sunda yang artinya “orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain“. Bobotoh artinya pendukung. Ngabobotohan artinya mendukung atau memberikan semangat/motivasi.

Simak misalnya ulasan Wikipedia tentang pengertian bobotoh:

“Bobotoh adalah sebutan untuk pendukung klub sepak bola Persib Bandung. Nama ini berasal dari bahasa Sunda yang berarti orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain. Dalam bobotoh ada beberapa kelompok pendukung seperti Viking dan Bomber dan jenis lainnya seperti Bobotoh Oriental, Hooliganisme, Ultras, Casuals. Tetapi nama kesatuan mereka tetap Bobotoh sebagai nama suporter Persib Bandung.”

Sebagai perbandingan, sebutan untuk pendukung Arema FC adalah Aremania, suporter Persija Jakarta disebut The Jakmania, dan pendukung Persebaya Surabaya disebbut Bonek (Bondo Nekat).

Bobotoh Bukan Hanya Viking

Jelas, dari pengertian di atas, bobotoh Persib bukan hanya Viking Persib Club. Viking adalah kelompok suporter Persib terbesar dan tidak semua bobotoh menjadi anggota Viking.

Selain Viking yang berdiri pada 17 Juli 1993, masih ada kelompok suporter Persib Bandung lainnya, antara lain:

  1. Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber) — dirintis sejak 1997.
  2. Ultras Persib — mempunyai beberapa kelompok di dalamnya yang kini digabungkan dengan sebuah nama ‘Tifosi Persib’.
  3. Flower City Casuals (FCC) — berdiri tahun 2005 dan dikabarkan sudah bubar.
  4. Bobotoh Oriental — kelompok bobotoh keturunan etnis Cina.

Bobotoh juga tergabung berdasarkan asal daerah, misalnya Bobotoh Batam, Bobotoh Borneo, Bobotoh Tasikmalaya, Bobotoh Gedebage, Bobotoh Cirebon, dan sebagainya.

Kelompok bobotoh tebesar kemungkinan bukan Viking, tapi “Bonjovi”. Pasalnya, Persib Jadi Klub dengan Rating TV Tertinggi di Liga 1 2018.

Dirilis website resmi Liga Indonesia, 23 Januari 2019, laga Persib yang paling banyak menyedot penonton televisi adalah saat menang 3-2 atas Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, 23 September 2018.

Untuk televisi sharing (TVS), meskipun tidak mendominasi, pertandingan Maung Bandung tetap menempati urutan teratas. Lagi-lagi, TVS tertinggi adalah laga Persib kontra Persija dengan raihan TVS mencapai angka 36,3 persen.

Demikian pengertian bobotoh Persib Bandung. (Bloger Bandung). Foto: persib.co.id/simamaung.com/bobotoh.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here