Home Ragam Penulisan Angka Ulang Tahun yang Benar, HUT RI Ke-74 atau HUT Ke-74...

Penulisan Angka Ulang Tahun yang Benar, HUT RI Ke-74 atau HUT Ke-74 RI?

223

Penulisan Angka Ulang Tahun yang Benar, HUT RI Ke-74 atau HUT Ke-74 RI?

“HUT RI Ke-74, Kapolda Papua Pimpin Upacara Bendera di Bawah Laut”. Demikian sebuah judul berita detikNews, Kamis (15/8/2019).

Sebelumnya, situs berita pertama di Indonesia ini juga menulis judul berita “Sambut HUT RI Ke-74 Kemnaker Gelar Pesta Rakyat Tripartit”.

Perhatikan cara penulisan angka ulang tahunnya: HUT RI Ke-74. Penulisan demikian keliru menurut Badan Bahasa. Soalnya, RI hanya satu, tidak ada RI ke-2, ke-3, apalagi sampai RI ke-74.

Jadi, yang benar (baku), menurut badan bahasa, adalah HUT Ke-74 RI. Simak penjelasan penulisan angka ulang tahun dalam gambar berikut ini dari Badan Bahasa.

penulisan HUT RI dan Dirgahayu RI yang benar

Berikut ini penjelasan Badan Bahasa Kemendikbud selengkapnya.

Penulisan Angka HUT

Setiap menjelang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI), banyak dijumpai tulisan yang rnengungkapkan ucapan “Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia”.

Ungkapan itu dalam pemakaiannya sangat bervariasi. Berbagai variasi itu ada beberapa di antaranya yang penulisannya kurang tepat.

Hal tu dapat diperhatikan pada contoh di bawah ini:

  1. Dirgahayu HUT RI Ke-54
  2. Dirgahayu RI Ke-54

Penulisan dan penyusunan contoh itu dilakukan secara tidak cermat hingga menimbulkan salah tafsir. Ketidaktepatan contoh (1) terletak pada penempatan kata dirgahayu.

Kata dirgahayu merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta, yang bermakna ‘panjang umur’ atau berumur panjang’.

Jika dihubungkan dengan makna yang didukung oleh HUT, pemakaian kata dirgahayu tidak tepat karena rangkaian kata dirgahayu HUT bermakna ‘selamat panjang umur HUT’.

Makna seperti itu dapat memberi kesan bahwa yang diberi ucapan “selamat panjang umur” dan “semoga panjang umur” adalah HUT-nya, bukan RI-nya.

Padahal, yang dimaksud dengan ungkapan adalah RI.

Oleh karena itu, agar dapat mendukung pengertian secara tepat, susunan dirgahayu HUT perlu diubah menjadi Dirgahayu RI.

Ungkapan itu sudah tepat tanpa harus disertai HUT dan ke-54.

Jika HUT ingin digunakan, sebaiknya kata dirgahayu kita hilangkan dan kata bilangan tingkat ke-54 dipindahkan sebelum RI, sehingga susunannya menjadi HUT KE-54 RI.

Ketidaktepatan contoh (2), yaitu dirgahayu RI ke-54, terletak pada penempatan kata bilangan tingkat.

Dalam hal ini kata bilangan tingkat yang diletakkan sesudah RI (RI Ke-54) dapat menimbulkan kesan bahwa RI seolah-olah berjumlah 54 atau mungkin Iebih.

Kesan itu dapat menimbulkan pengertian bahwa yang sedang berulang tahun adalah RI yang ke-54 bukan RI yang ke-10 ke-15, atau yang lain.

Padahal, di dunia ini hanya ada satu RI, yaitu Republik Indonesia, yang sedang berulang tahun ke-54.

Untuk meng­hindari kemungkinan terjadinya salah tafsir semacam itu, susunan RI ke-54 harus kita ubah.

Pengubahan itu dilakukan dengan memindah­kan kata bilangan tingkat ke-54 ke posisi sebelum RI dan menggantikan kata dirgahayu dengan HUT sehingga susunannya rnenjadi HUT ke-54 RI.

Tema dan Logo Resmi HUT Ke-74 RI 17 Agustus 2019

Penulisan angka ulang tahun ini berlaku untuk semua yang berulang tahun, baik negara, lembaga, maupun orang. Penulisan angka yang benar sebagai berikut:

  • HUT Ke-74 RI
  • HUT Ke-10 PT Maju Pantang Mundur
  • HUT Ke-25 Vanessa Angel
  • HUT Ke-6 Bandung FC

Demikian. Cag!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here